Thursday, May 26, 2016

Lakukan Hal Penting ini sebelum Membuat MPASI

MasakanBayi - Enam bulan berlalu, artinya si kecil sudah mulai boleh mencicipi MPASI. Kebanyakan para ibu merasa deg-degan ketika melewati moment istimewa ini. Jelas dong, karena memberikan MPASI pada bayi tak semudah yang dibayangkan. Adakalanya bayi menolak, mau makan tapi pada akhirnya muntah, dan masih banyak problematika lainnya yang siap dihadapi para ibu. Berbicara mengenai MPASI, mungkin saat ini para ibu sudah dimanjakan oleh banyaknya produk MPASI instan di babyshop atau supermarket. Tinggal pilih produk sesuai usia, seduh dnegan air panas, beres dech.. tidak hanya itu, bahkan saat ini sudah bertebaran gerai yang menjual bubur organic untuk bayi sesuai usianya. Meski mudah, tapi bukan berarti para ibu bisa terus-terusan memberikan makanan instan kepada sang buah hati. 
Lalu apa yang bsia dilakukan para ibu? Membuat sendiri MPASI untuk sang buah hati, dong. Membuat MPASI tidaklah seribet yang dibayangkan looh.. MPASI yang Anda buat dnegan penuh cinta tentu akan jauh lebih sehat dan aman pastinya. Sebelum membuat MPASI, sebaiknya para ibu mempersiapkan beberapa hal penting berikut ini :

Memilih Bahan MPASI

Pilih bahan yang terbaik untuk makanan buah hati tercinta. Pilihlah buah dan sayuran organic, karena terhindar dari paparan pestisida.  Selain itu, sayur dan buah organic juga lebih segar.

Siapkan peralatan yang tepat dan pastinya steril

Selain menyiapkan bahan segar, Anda juga wajib menyiapkan peralatan untuk membuat MPASI, diantaranya : blender, wadah es batu, pisau, panci pengukus, wadah, dan lainnya. Pastikan cuci bersih alat yang akan digunakan ya!

Pilih kombinasi bahan yang tepat

Umumnya selain bahan utama untuk MPASI, Anda pasti akan mengkombinasikan dengan bahan lainnya, misalnya susu. Anda bisa menambahkan susu formula atau ASI pada MPASI.

Pemahaman tentang cara membuat MPASI

Meski terlihat mudah, namun bukan berarti bisa dilakukan sembarangan. Pahami dengan benar cara mengolah MPASI, misalnya : buah dan sayur direbus atau dikukus sebelum diblender?, buah-buahan apa yang cocok untuk bayi usia 6 bulan, bagaimana konsistensi bubur/pure?, berapa porsinya, dan lainnya.

Tempat menyimpan bayi yang steril

Setelah membuat makanan bayi, Anda bisa menyimpan sisanya didalam tempat penyimpanan yang tepat dan steril, msialnya : kotak es batu, plastik khusus, dan masukkan kedalam freezer. Jangan lupa tuliskan resep makanan dan tanggal pembuatannya agar memudahkan Anda.

Siapkan alat makan yang tepat dan steril

Alat makan juga hal penting yang menunjang kesuksesan pemberian MPASI. oleh karena itu, para ibu harus menyiapkan alat makan yang pas untuk bayi.
Dengan menerapkan hal penting yang disebutkan diatas, pastinya Anda akan lebih mudah melakukan pekerjaan membuat MPASI untuk buah hati tercinta. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment